Candi Prambanan Yogyakarta

Prambanan memang disebut sebagai salah satu candi hindu terindah di dunia. Untuk bisa menikmati keindahan Candi ini sobat bisa langsung dating ke Yogyakarta. Letak dan lokasi candi yang juga sering disebut sebagai Candi SIwa ini sangat strategis. Letaknya tepat di sebelah utara Jalan Raya Jogja-Solo yang merupakan jalan utama di kota Jogja. Jadi akan mudah untuk sampai ke candi ini dengan bermacam transportasi.

Legenda Candi Prambanan

Dari segi sejarah sendiri Candi Prambanan dibangun di abad 9 pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari kerajaan Mataram lama. Candi ini dibangun untuk menghormati dewa tertinggi agama Hindu terutama Dewa Siwa, karenanya sering juga disebut Siwa Graha.

Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Pada candi Siwa yang terletak di tengah dan yang paling tinggi, sobat akan menemui 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda.

 

Sumber : http://wisatalicious.com/wisata-candi-prambanan-yogyakarta-candi-hindu-terbesar-dan-legenda-roro-joggrang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *